Aia Kawa Daun


Kawa Daun

Aia kawa atau kawa daun kembali trend beberapa tahun terakhir di Sumatera Barat. Walau begitu saya belum pernah mencoba rasanya :p sampai suatu waktu mampir di kawa daun Bukittinggi. Oalaaahh begini ya rasanya, dengan wangi yang sangat enak tapi masih belum 'terbiasa' di lidah penggemar teh seperti saya :D. Nah jadi apa sih kawa daun itu. Ya.. jadi aia kawa daun adalah minuman yang dibuat dari daun kopi yang diseduh seperti minuman teh. Biasanya di kedai kawa daun disajikan panas dengan atau tanpa gula, dan bukan dalam gelas lho tapi dalam tempurung kelapa yang sudah dibelah dua, seperti gambar di atas. Cuma karena belum terbiasa dengan rasa aia kawa daun, saya jadinya memilih menghabiskan teh manis aja :)

Jadi ceritanya kenapa muncul minuman aia kawa daun ini dikaitkan dengan masa penjajahan Belanda dahulu yang melarang pribumi untuk menikmati hasil panen biji kopi demi kepentingan monopoli perdagangan waktu itu. Sehingga pribumi cuma dijatah minum seduhan daun kopi saja.

Jadi kalau teman2 blogger punya kesempatan travelling ke Sumatera Barat, silakan menyicipi rasanya karena cukup banyak juga lho kaum Ibu yang suka ^_^

Share this

Add Comments


EmoticonEmoticon