Resep RED VELVET CAKE

Kali ini saya ingin membagikan resep Red Velvet Cake hasil percobaan sahabat saya Fajri Nyings Tiyas

Resep Red Velvet Cake


Resep:
Bahan A :
385 gram, terigu protein sedang (saya pake segitiga biru)
55 gram, coklat bubuk (kalau bisa coklat bubuk tanpa campuran dan jangan merk belanda, merk java lbh enak)
1 1/2 sdt garam

Bahan B :
473 cc minyak goreng
450 gram gula halus
3 btr telur
1 1/2 sdt vanili bubuk
pewarna merah secukupnya

Bahan C :
2 bh Bit (± 300 gr)
200 cc air

Bahan D :
295 cc susu UHT putih full cream
2 sdm air lemon atau jeruk nipis

Bahan E :
2 sdt soda kue
2 1/2 sdt air lemon/jeruk nipis

Cara membuatnya :
  1. Blender potongan bit dengan air (bahan C) lalu masak dengan api kecil hingga air susut. Saring dan ambil 100 cc. Sisihkan dan biarkan dingin.
  2. Campur susu dan air lemon (bahan D), aduk rata dan sisihkan. Bentuk akhir akan sedikit mengental seperti yoghurt. Ini yang namanya BUTTERMILK.
  3. Panaskan oven dan siapkan 3 loyang bundar dengan diameter 24 cm, alasi dengan kertas roti dan olesi dengan margarin. (saya pakai 2 loyang)
  4. Campur semua bahan A lalu ayak.
  5. Campur lalu kocok gula halus dan minyak sampai rata. Masukkan telur satu per satu (low speed), mixer hingga rata.
  6. Tambahkan juice bit, pewarna dan vanilli lalu aduk rata.
  7. Masukkan campuran terigu (bahan A yg sudah tercampur) ke dalam adonan, mixer (dengan low speed) hingga tercampur rata.
  8. Tambahkan buttermilk (bahan D), aduk rata dengan spatula.
  9. Campur bahan E (dibuat dadakan saja saat adonan akan dituangkan ke cetakan dan dioven, jika tidak efek soda kue sebagai pengembang akan sia2) lalu masukkan ke dalam adonan, aduk rata.
  10. Tuang adonan ke dalam 3 loyang lalu panggang sampai matang.
  11. untuk finishing, setelah cake dingin di suhu ruangan, oolesi cake dengan cheese frosting (saya pakai butter cream biasa, tambah parutan keju akan lebih enak) lalu simpan dalam kulkas (bukan di freezer) agar sedikit membeku.

Tips:
  1. perasan juice dari 300gram buah bit (tanpa air) saja sudah menghasilkan ±100cc, jadi dalam merebus dianjurkan untuk merebusnya sampai kental (cake jadi lebih wangi).
  2. cake ini lebih enak disajikan dengan CHEESE FROSTING, tapi karna keterbatasan bahan jadinya saya pakai butter cream biasa
  3. Karena Red Velvet merupakan frozen cake, jadi setelah cake dingin dan di finishing dengan cream, wajib hukumnya untuk dimasukkan dalam kulkas
  4. Red Velvet identik dengan warna merah yg ngejreng, dan ternyata untuk mendapat warna yg ngejreng itu digunakan pewarna makanan lebih dari 1 sdm (saya tidak menganjurkan). dipercobaan saya yang pertama, saya hanya menggunakan pewarna secukupnya, dan rasanya jauh lebih enak dibanding yg banyak pewarna seperti gambar terkait

Selamat Mencoba Bunda

Share this

Add Comments


EmoticonEmoticon